Tiap Bosan Rasanya Ingin Ngemil yang Asin-asin? Ini Alasannya

Tiap Bosan Rasanya Ingin Ngemil yang Asin-asin? Ini Alasannya

Bila seseorang sudah bertekad ingin sehat atau menurunkan berat badannya, maka olahraga dan menjaga pola makan bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Hanya saja ada kalanya 'godaan' datang.

Dr Sandi Mann dari University of Central Lancashire mengungkapkan 'godaan' itu tiba salah satunya saat bosan. Bosan rupanya mendorong seseorang untuk memilih makanan yang tidak sehat, seperti yang asin-asin, manis, ataupun berlemak.

Ini ada kaitannya dengan kadar hormon dopamine di dalam otak. Hormon ini biasanya diproduksi saat seseorang berada dalam keadaan gembira. Tetapi ketika hormon ini drop, semisal saat kita kehilangan stimulasi atau bosan, maka otak mencoba mencari cara lain untuk 'mengalihkan perhatian' kita.

Dan yang menjadi pilihan adalah makanan, namun bukan sembarang makanan, melainkan hanya yang berlemak atau mengandung pemanis.




Fakta ini telah dibuktikan Mann dan rekan-rekannya dengan melakukan dua kali percobaan. Pada percobaan pertama, 52 partisipan diminta melakukan sebuah pekerjaan secara berulang-ulang sampai mereka merasa bosan, dan ditanya ingin makan apa setelah pekerjaan itu selesai.

Sedangkan pada percobaan kedua, peneliti meminta 45 partisipan untuk menonton video yang membosankan dan video lucu. Kemudian di depan mereka dihidangkan berbagai jenis kudapan, baik yang sehat maupun yang tidak.

Benar saja, partisipan di percobaan pertama cenderung memilih makanan yang kurang menyehatkan seperti keripik, permen atau makanan cepat saji. Begitu juga dengan partisipan di percobaan kedua, terutama yang menonton video yang membosankan, mereka terbukti lebih memilih makan kudapan yang tak sehat.

"Ini memperkuat teori sebelumnya bahwa kebosanan identik dengan rendahnya hormon stimulasi dalam otak yang disebut dopamine, dan untuk mencoba mengatasinya, orang-orang akan memilih makan makanan berlemak atau yang manis," papar Mann seperti dilaporkan Daily Mail.

SUMBER : CMD POKER

MAU MENCOBA SENSASI MENJADI BANDAR ?
Kunjungi Web kami di WWW.CMDPOKER.COM
100% PLAYER VS PLAYER (NO ROBOT)

Minimal DP : Rp. 25.000,-
Minimal WD : Rp. 50.000,-
====================================
Promo Hot CMDPOKER :
- New Member Bonus Depo 10%
- Setiap Deposit Bonus Depo 5%
- BONUS REFERRAL 20% + 10%
- BONUS CASHBACK 0.3% - 0,5%
====================================







Share on Google Plus

About cmdpoker

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment