Isu SARA dalam Pilkada karena Persoalan Kesenjangan Ekonomi


Berita Terpercaya - Mencuatnya isu Suku Ras Agama dan Antargolongan (SARA) dalam Pilkada DKI Jakarta dinilai karena berakar dari persoalan ekonomi.

Indonesia secara umum sebenarnya memiliki toleransi dalam hal SARA.

Isu SARA berkembang di masyarakat karena sebagai sarana yang gampang penyatuan masyarakat yang tersisih secara ekonomi.

Kegelisahan dan keresahan masyarakat terkait ketimpangan ekonomi menjadi satu suara yang bisa diwadahi dalam identitas SARA.

"SARA itu sebagai identitas yang membuat keresahan dan kegelisahan satu sama lain menjadi satu dan mereka bisa teriak bersama dan memiliki kawan.

Jadi sebenarnya kegelisihan itu bukan menyangkut karena mata anda sipit atau agama anda, bukan itu. Tapi orang tidak bekerja," kata pengamat sosial Devie Rahmawati saat diskusi bertajuk 'Mengobati Luka Pilkada' di Menteng, Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Persoalan kesenjangan ekonomi dan yang terbungkus dalam SARA itu kemudian ditangkap dan diolah oleh para elite politik untuk memenangkan pemilihan kepala daerah.

"Nah ini yang kadang-kadang kemudian ada 'orang' mengenderai ini dan ambil gimmik politik tadi sebagai 'cashing' sebagai upaya untuk memperjuangkan sebuah kontestasi," kata dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia itu.

Devie mengingatkan sebenarnya persoalan ketimpangan ekonomi bukan hanya dialami Indonesia sehingga berdampak pada politik.

Elite politik yang mengambil sikap untuk menjalankan ekonomi kapitalisme ternyata meninggalkan lubang dalam karena tidak mampu mensejahterakan masyarakat.

Fenomena ini terjadi secara global. Meski berbeda, pilihan masyarakat Inggris keluar dari Uni Eropa bukan karena masyarakat Inggris berperilaku rasis tersebut imigran.

"Ketika mereka memilih Brexit (British Exit) itu bagian dari protes mereka terhadap Pemerintah yang memang tidak penuhi kebutuhan dasar mereka," kata dia.


Selamat Datang Di CMDPOKER
AGEN POKER TERBAIK,DAN TERPERCAYA DI INDONESIA

6 GAMES Dalam 1 ID :
- Texas Poker
- DOmino QQ
- Bandar ceme
- Live poker
- Capsa Susun
- Ceme keliling

MAU MENCOBA SENSASI MENJADI BANDAR ?
Kunjungi Web kami di WWW.CMDPOKER.COM
100% PLAYER VS PLAYER (NO ROBOT)

Minimal DP : Rp. 25.000,-
Minimal WD : Rp. 50.000,-
====================================
Promo Hot CMDPOKER :
- New Member Bonus Depo 20%
- Setiap Deposit Bonus Depo 5%
- BONUS REFERRAL 10% + 20%
- BONUS CASHBACK 0.3% - 0,5%
====================================
Play Now At CMDPOKER

CONTACT US :
YM : cmdpoker
HP : +85517274310
Pin BB : D611AAD7





































Share on Google Plus

About cmdpoker

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment